Selasa, 31 Juli 2012

Istilah Gyroscope

     Disetiap RC Helicopter sering kita dengar dengan nama GYROSCOPE. Apakah gyroscope itu..dan biasanya sudah ada pada RC Helicopter 3 channel ke atas. Gyroscope adalah alat untuk mengukur atau mempertahankan orientasi, berdasarkan prinsip-prinsip momentum sudut. Mekanis, giroskop adalah roda berputar atau disk di mana as roda bebas untuk berasumsi orientasi apapun. Meskipun orientasi ini tidak tetap tetap, berubah dalam menanggapi sebuah torsi eksternal jauh lebih sedikit dan dalam arah yang berbeda daripada itu akan tanpa momentum sudut besar yang terkait dengan tingkat tinggi disk dari spin dan momen inersia. Karena torsi eksternal diminimalkan dengan me-mount perangkat di gimbal, orientasinya tetap hampir tetap, meskipun ada gerakan dari platform yang telah di-mount. 
     Giroskop berdasarkan prinsip-prinsip operasi lain juga ada, seperti, elektronik microchip-paket perangkat MEMS giroskop ditemukan di perangkat elektronik konsumen, solid-state laser cincin, giroskop serat optik, dan giroskop pada RC Helicopter.
     Jadi Gyroscope pada helicopter berfungsi sebagai keseimbangan dan kestabilan walaupun arah putar baling-baling dengan efek angin dan keutuhan badan Helicopter. contoh gyroscope manual dan gyroscope elektronik :

2 komentar:

  1. mohon penjelasan cara kerjanya....???

    BalasHapus
  2. Sepengetahuan saya, kerusakan pada gyroscope sgsk jarang terjadi. Jika heli RC terbang berputar2 diudara, biasanya karena dinamo/ tail dinamo lemah atau mati total...

    BalasHapus